Call Supplier Pipa  Call Us Now

+6231 7871530 / +6281 216 7979 95

Proses Penyambungan Welding Machine HDPE

WP_000791

Untuk melakukan penyambungan dengan Welding Machine HDPE, operator yang biasa melakukan hal ini biasanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit, untuk jenis ukuran pipa tertentu (Seperti pipa ukuran 8”). Dan bagi pemula, hal ini bisa dipelajari dengan waktu singkat, tanpa keahlian khusus.

Secara umum Welding Machine bisa digunakan untuk menyambung pipa berdiameter diatas 50mm sampai dengan pipa berukuran 1600mm, tergantung ukuran diameter clamp alat yang Anda gunakan. Dan satu mesin biasanya dapat digunakan 6 jenis pipa dengan diameter berbeda.

Fungsi alat ini sendiri dapat digunakan untuk menyambung dua jenis material pipa. Diantaranya pipa HDPE (High Density Polyethylene) dan jenis pipa air panas dan dingin bertekanan, Pipa PPR (Polypropylene Random).

Sebelum melakukan proses ini, sebaiknya Anda mempersiapkan material yang akan disambung. Apakah pipa dengan pipa, atau pipa dengan fitting. Ingat meski bisa digunakan untuk menyambung dua jenis pipa (HDPE dan PPR), bukan berarti alat ini mampu menyambung keduanya menjadi satu. Karena bahan baku yang berbeda, membuat persenyawaan keduanya tidak akan dapat berjalan sempurna. Ini artinya, kedua bahan pipa ini tak akan mereka satu dengan yang lain.

Setelah pipa di siapkan beserta mesin penyambung, proses penyatuan bisa dilakukan. Masukkan kedua ujung ke clamp yang ada di bagian welding machine. Bagian ini berfungsi agar kedua ujung pipa bergerak sebagai mana mestinya dan tidak bergeser sedikit pun.

Setelah itu, estimasi penyambungan dengan mempertemukan kedua ujung. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana ujung pipa bertemu dan tidak melenceng satu dengan yang lain. Jika terlihat secara keseluruhan, Anda bisa memperbaiki dengan mengendur-kencangkan clamp. Namun jika hanya ujungnya, hal ini bisa Anda atasi di langkah selanjutnya.

Pipa lalu dijauhkan dan diserut di bagian ujung. Dalam tahap ini, Anda akan memerlukan sebuah alat pemotong dua sisi yang saling berlawanan. Tujuannya, mempresisi kedua ujung pipa, sehingga memiliki permukaan datar yang sama. Proses ini biasanya dilakukan hanya dalam beberapa detik, dengan menyisakan beberapa sampah bekas potongan.

Setelah hal ini Anda lakukan, bersihkan bekas potongan jauh dari ujung. Karena tertinggal sedikit saja bagian ini, dapat berdampak kurang baik pada proses penyambungan. Tak hanya itu, lap juga bagian ujung, bersihkan sehingga tak ada kotoran seperti debu atau air yang menempel.

Proses selanjutnya adalah pemanasan. Menggunakan alat pemanas dua sisi, alat ini ditempatkan di sela-sela ujung pipa, fungisnya melelehkan kedua ujung ini. Beda diameter umumnya beda pula waktu yang dibutuhkan. Dalam hal ini semakin besar diameter pipa, akan semakin banyak waktu yang diperlukan.

Proses selanjutnya adalah penyambungan, setelah dirasa sudah cukup, kedua ujung pipa akan direkatkan (Dipertemukan satu dengan yang lain) dalam hitungan detik setelah alat pemanas dicabut. Proses ini biasanya dilakukan dalam beberapa menit. Meski demikian, pastikan sambungan mengering sebelum melepas ikatan clamp. Cara ini akan membuat hasil sambungan terjadi dengan sempurna.