Call Supplier Pipa  Call Us Now

+6231 7871530 / +6281 216 7979 95

Pipa Wavin, Produk Terbaik di Dunia

Johan Keller

Sejarah Pipa Wavin sebagai salah satu produk terbaik dan berkualitas di dunia, berawal pada tahun 1950 di Zwolle, di Belanda. Saat itu, Johan Keller yang seorang direktur WMO, utilitas air setempat, sangat membutuhkan sistem saluran pipa ramah lingkungan dan awet dalam penggunaan.

 

Saat itu Keller, dan perusahaan air minum setempat sangat terbiasa dengan jenis pipa besi. Meski efektif untuk saluran air minum dan karakternya lebih kuat, namun dalam hal hambatan, penggunaan material ini juga tak kalah berisiko. Karena dalam penggunaan kurun waktu tertentu, masalah karat adalah hal yang tak bisa dihindari.

 

Bagi Keller dan tim, hal ini tentu bukan permasalahan yang sederhana. Pasalnya, karat yang berujung pada kebocoran, sering berdampak pada peningkatkan kerugian yang signifikan bagi perusahaan. Hal ini yang kemudian membuat Keller berpikir untuk menggunakan jenis pipa lain yang lebih bersahabat dan yang pasti tidak bisa berkarat.

 

Pilihan kemudian jatuh pada jenis pipa plastik. Hanya saja, pada tahun 1950, mencari jenis pipa ini untuk kebutuhan air minum adalah hal yang mustahil. Ide untuk bereksperimen kemudian muncul dari Keller. Memanfaatkan sebuah bengkel sederhana di Zwolle, Belanda, ia kemudian berusaha menciptakan sebuah produk pipa plastik yang bisa digunakan untuk saluran air minum.

 

Keinginan Keller kemudian terwujud pada tahun 1953, ia dan tim berhasil menciptakan produk pipa dengan material anti karat namun dapat digunakan untuk kebutuhan saluran air minum. Dalam produk pertamanya, Keller berhasil menciptakan purwarupa produk pipa dengan diameter lebih dari 100 mm.

 

Penemuan ini kemudian dirasakan sangat berguna bagi pengembangan saluran perairan di kawasan tempat Keller bertugas. Tak hanya itu, kualitas dan kegunaannya yang optimal, membuat produk ini kemudian dipesan untuk beragam kebutuhan perairan secara nasional dan internasional.

 

Karena banyaknya permintaan dan peningkatan produksi pipa, pada Agustus 1955, WMO menciptakan sebuah perusahaan pipa yang fokus pada produksi pipa. Dan pada saat itu, Wavin berdiri untuk pertama kali dengan 52 karyawan didalamnya.

 

Berawal dari proyek coba-coba untuk memenuhi kebutuhan perpipaan di Belanda, Johan Keller akhirnya berhasil membangun cikal bakal salah satu perusahaan pipa terbaik di dunia. Berkat pengalamannya di perusahaan air minum, kini produk pipa Wavin mulai dikenal dan memberi banyak solusi saluran air di seluruh dunia.

 

Keberhasilan Keller dalam membuat produk pipa anti karat yang mampu mengalirkan kebutuhan air bersih kemudian didengar dunia. Dan dengan cepat, perusahaan independen Keller ber-ekspansi sangat cepat di tahun pertama bisnis mereka.

 

Langkah internasional Wavin pertama ditujukan untuk pasar Eropa. Dengan peningkatan permintaan tersebut, ekspansi perluasan pabrik dan kawasan produksi. Dimana pabrik ini akhirnya harus pindah dari Zwolle ke pabrik baru di Hardenberg.

 

Dalam setahun berselang, pabrik Wavin pertama di luar Belanda pun dibuka, tepatnya di Jerman. Menyusul masing-masing setahun setelahnya, pabrik yang sama juga dibuka di Denmark dan Irlandia. Sementara di Swedia dan Norwegia dibuka kantor pemasaran pada tahun 1958. Dan pada tahun 1961 Wavin Ltd membuka kantor penjualan di London, Inggris diikuti oleh fasilitas produksi di Liverpool.

 

Di Prancis, 3 tahun berselang, kantor yang sama juga dibuka, dan berkat bukanya cabang di berbagai negara ini, Wavin berhasil menguasai Eropa.

 

Pengembangan pipa berbahan dasar plastik kemudian banyak dikembangkan. Termasuk menciptakan material kusus dari thermo plastic. Hasil riset selama beberapa tahun kemudian menciptakan beragam produk wavin berkualitas. Salah satunya dari pipa hdpe ber-brand Wavin Black.

 

Beragam kebutuhan akan media saluran air bersih dan limbah kemudian banyak dikembangkan membuat Wavin hadir dengan produk-produk berkualitas. Seperti produk pipa ppr, atau jenis pipa PVC modern yang lebih tahan lama.

 

Saat ini, hampir setiap negara di dunia telah menggunakan produk terbaik dari Wavin. Dan berpusat di Zwolle Belanda, Wavin juga membuka cabang di 24 Negara lain di Eropa dengan 6000 karyawan. Hasil audit keuangan terakhir, perusahaan ini berhasil meraup keuntungan EUR 1,3 miliar di tahun 2011, hanya di Eropa. Alias tidak termasuk pemasukkan perusahaan di negara lain di dunia.